this is it! (yang belum nonton mending jangan baca dulu :D)


i just watched "this is it" ... yap! betul.. ini film dokumenter (bener ga ya?? para peresensi film, tolong dikoreksi ya kalo salah :)) tentang konser yang berjudul sama oleh Michael Jackson.

seperti yang sudah kita tau, sang legenda telah 'berpulang' sekitar 2 bulanan yang lalu. bagi saya, ini merupakan film sebagai pengganti konser yang seharusnya menjadi konser terakhir beliau.

cerita dimulai dengan narasi berupa tulisan mengenai latar waktu dan kejadian mengenai film tersebut. lalu dilanjutkan dengan komentar dari para (calon, kalo ga salah) penari-penari pengiring konser tersebut. mereka bercerita bagaimana bangga dan bahagianya mendapatkan kesempatan untuk berdampingan dengan 'king of pop' dalam satu panggung.

lalu, mulailah terlihat gerak gerik jackson saat mengaudisi para penari tersebut. dilanjutkan dengan konferensi pers tentang acara tersebut. saya jadi teringat saat menonton langsung di E! entertainment channel saat menayangkan berita tersebut! kata yang teringat adalah, "this is the final curtain call" (itu pun kalau tidak salah :D pokoknya dia sedikit menyiratkan bahwa ini bakal menjadi konser terakhirnya).

selanjutnya lagu pembuka pun mengalun, layaknya konser yang sebenarnya.. jujur, lagu pertama saya belum pernah mendengar. saya pun langsung bertanya pada ibu saya (yang saya ajak nonton bareng! hehehe), "ini lagu lama atau baru?". mama:"ini lagu lama" sambil bersenandung sedikit~~.. tapi tidak bisa disangkal, walaupun lagu tersebut baru didengar oleh telinga, tangan pun ikut bergoyang mengikuti hentakan drum lagu tersebut. yang patut di ancungi jempol, lagu tersebut dinyanyikan sebagai latihan alias rehearsal, bukan konser asli (pastinya!). namun, sama terdengar kerennya seperti dalam konser yang sebenarnya. suara jackson yang merdu, iringan band yang keren, penari-penari yang energik, serta lightning dan tata panggung yang (masih) sederhana terasa menyatu!

mungkin film ini bisa dibilang sesuai dengan alur konser yang sebenarnya akan di jalankan. karena selanjutnya berisikan cerita-cerita dan lagu-lagu yang dinyanyikan jackson. tak lupa juga diisi saat ia berlatih dengan vocal director, music director, dan staff-staff lainnya, termasuk sang concert director ini (sekaligus director film ini)!

di sini saya melihat, ke'humble'-an seorang michael jackson sekaligus keperfeksionisannya. bisa dilihat bagaimana ia sangat keukeh untuk memberitahukan sang music director agar sesuai yang ia inginkan. ia selalu bilang, "yang sesuai hati saya, kemauan saya". ha! that's why he always sings beautifully~~

sekaligus juga, saya belajar bagaimana suatu acara besar itu memang butuh kerjasama yang sangatlah baik. sang director terlihat selalu mendiskusikan kerjanya bersama jackson. menanyakan pendapatnya, apakah ia bersedia? atau ia merasa nyaman?

di lain sisi, saya kagum dengan sikap rendah hati dan 'angel' jackson. dalam beberapa kesempatan ia menyertakan backing vocal atau musisinya untuk beraksi.. yang paling saya ingat, saat seorang gitaris wanita diberi 'shinning moment' di lagu black and white. jackson berkata, "gunakan nada tertinggi, gunakan shinning moment mu"! :D tak lupa juga, bagaimana ia menyampaikan pendapatnya, atas ketidak setujuannya pada aransemen atau hal lain, ia sampaikan dengan baik dan sopan...

hal yang sedikit menggelitik bagi saya (dan juga adik saya), bagaimana akrabnya sang director (aduh! lupa namanya.. yang direct HSM juga itu loo,, :( ) dengan jackson.. saya seperti melihat keduanya sedang 'bermain' layaknya anak-anak.. terkadang 'mengejek' terkadang 'mengagumi'..


ini dia directornyaa~~

hhh... betapa bahagia dan bangganya pasti para kru yang terlibat dalam konser ini.. :)

sungguh tak menyesal menonton film ini......
goodbye MJ! rest in peace! :D

nb: sebenarnya masih banyak yang mau saya ceritain! hahaha.. tapi apadaya, ga seru kalo semuanya diceritaiin :P

Labels: