Waze: Application Review

Sejak punya Tablet, gw ngerasa seneng banget karena tuh barang banyak guna juga hahaha. Ga sia-sia ngebobol tabungan akibat labil liat promo waktu itu. Wkwkwkwk. Tapi memang salut banget ama Android yang punya segudang aplikasi yang sangat membantu sehari-hari. Kali ini gw mau share aplikasi, Waze.


Waze adalah aplikasi yang membantu pengemudi dalam mencari jalan yang tepat saat berpergian. Dengan bantuan sesama pengguna Waze, kita bisa tahu jalan-jalan mana yang mesti dihindari, supaya tidak terjebak macet misalnya.

Di aplikasi ini, kita juga bisa report kejadian-kejadian yang ada di dalam perjalanan kita. Antara lain:
Traffic Jam
Di sini kita bisa info kalau jalan yang kita lalui sedang mengalami kemacetan. Jenis kemacetannya juga ada 3 macam. Moderate, Heavy, dan Standstill.
Police
Yang ini bisa jadi agak nakal nih :P. Kita juga bisa report adanya Polisi di suatu jalan. Jadi kalo-kalo ada yang lupa bawa SIM atau STNK, bisa ngehindarin Polisi yang kelihatan dalam peta di Waze nih.
 Accident
Ini untuk report adanya kecelakaan baik Minor maupun Major. Bisa terbantu supaya ngasih tahu orang-orang supaya tidak lewat jalan itu.
Dll.

Untuk report di atas, gw sebenarnya termasuk yang jarang report. Karena bahaya kalo pegang HP (dalam kasus gw, Tablet 10 inch!) sambil nyetir. Akhirnya yang sering gw report di Waze Cuma saat macet.

Selain report di atas, gw juga sering pake fungsi Navigate-nya sebelum berangkat ke kantor dan saat mau pulang ke rumah. Sepertinya (menurut pengalaman gw sih) Waze bisa detect kecepatan mobil dari usernya yang sedang menyetir. Waktu itu gw sedang di lampu merah dan cukup lama, yang otomatis sedang dalam posisi berhenti. Waze langsung kasih pertanyaan yang kurang lebih isinya, “You’re not moving. Are you on Traffic?”. Di peta pun, kita bisa lihat jalanan yang macet dengan warna garis merah atau kuning untuk jalanan yang agak macet. Dan menurut pengalaman gw, it’s valid!


Kesimpulannya, Waze is highly recomended application for you who always driving especially in Jakarta! Downloadnya Free dan sudah ada di Android dan iOS. 

Labels: ,