Mini Blogger Workshop The Body Shop dan Female Daily

Belakangan ini saya sangat suka sekali kalau sudah bertemu dengan weekend. Walaupun sudah dari dulu juga sih nungguin dua hari day off ini, hehehe. Tapi kali ini terasa spesial. 

Ya, saya mulai menyempatkan diri untuk mengikuti acara-acara bermanfaat sekaligus bertemu dengan teman-teman baru di setiap weekend-nya. Dan weekend kemarin saya mengisi harinya dengan mengikuti Mini Blogger Workshop with The Body Shop Indonesia and Female Daily.


 

Tidak mau mengulangi kesalahan yang sama saat mengikuti Blogger Conference dan Workshop dari Female Daily juga di bulan lalu, saya langsung mendaftarkan diri saat itu juga sebelum kehabisan tempat. Dan untungnya saya berhasil menjadi salah satu dari 20 peserta yang mengikuti workshop ini.

Sebenarnya saat melihat info tentang acara ini ada satu hal yang membuat saya ragu. Yaitu lokasi event yang berada di Kemang, Female Daily HQ. Sudah sekitar 2 tahunan saya jarang mengendarai mobil. Dan sudah lama juga tida muter-muter Jakarta. Apalagi ke daerah Jakarta Selatan yang paling anti saya datengin kalau bawa mobil.

Tapi dengan niat dan semangat 45, berangkatlah saya satu setengah jam lebih awal dari jadwal registrasi ulang. Dan hasilnya? Saya sukses nyasar! Padahal sudah dibantu dengan Google Maps. Tapi apa daya, karena nyetir sendiri, jadi saya mengurangi aktivitas melihat handphone saat menyetir. 

Dengan bantuan dari kakek nenek (yang baik!) yang memberitahu saya letak sesuai dengan alamat, akhirnya sampai juga di lokasi acara. Mungkin karena letaknya yang cukup jauh (buat saya terutama!), sepertinya banyak peserta yang datang telat. Acara pun jadi mundur dari jadwal. Tapi tidak apa, karena saya malah jadi sempat ngobrol-ngobrol dengan teman semeja saya, Vina

Yes, she is the blog owner of pinapina.net. Awalnya saya kurang ngeh saat melihat Vina. Tapi saat dia menyebutkan namanya, saya tidak merasa asing. I think I've read her blog before. Dan akhirnya kita ngobrol sambil menikmati sarapan di pagi hari yang disiapkan oleh tim Female Daily.

Setelah semua peserta lengkap, akhirnya acara dimulai. Acara dibuka dengan sambutan dari PR The Body Shop Indonesia, Mbak Maya. Setelah itu kita semua diajak untuk langsung mencoba produk-produk dari The Body Shop Indonesia.

PRODUCT TESTING


Pertama-tama kita harus membersihkan muka dengan pembersih Vitamin E Cream Cleanser. Ternyata saat membersihkan pun ada caranya. Jadi tuang cleanser ke tangan, lalu tempelkan keenam titik di muka, yaitu pipi, dagu, hidung, dan dahi, serta leher. Lalu mulai sapukan tangan dari leher ke dagu menuju pipi dengan arah sapu ke atas. Kenapa harus ke atas? Supaya kulit muka kita tidak menjadi turun dan tidak kencang. Lalu usapkan bagian hidung sampai ke dahi lalu arahkan ke arah samping dahi.

Setelah itu, hapus sisa cleanser dengan Vitamin E Hydrating Toner dengan cara yang sama. Karena saya juga sempat memakai eye make-up, jadilah bagian mata juga dibersihkan dengan menggunakan Camomile Gentle Eye Make Up Remover.

Setelah muka bersih, barulah kami menggunakan Nutriganics Drops of Youth sebagai skin care pra serum yang membantu meregenerasi kulit. Kesan pertama saat dipakai adalah tidak terasa lengket, dan cairan cepat menyerap ke dalam kulit muka. Untuk menjaga kulit di sekitar mata, kita juga mencoba Moisture White Shiso 2 in 1.


Sekarang saatnya mulai mencoba make up! Sebagai dasar, kita mencoba salah satu produk baru dari The Body Shop Indonesia yaitu All In One Instablur. Produk yang diadaptasi dari kegiatan wanita selfie di Instagram ini mampu membuat warna kulit terlihat lebih rata. So, say bye-bye to Camera 360 :P

Dan setelah menggunakan BB Cream, Bedak, Blush On, Lipstik, Eye Liner, Eye Shadow, dan Maskara, sebagai penutup saya menggunakan Vitamin C Energizing Face Spritz yang disemprotkan ke muka. 

Inilah hasilnya saya mencoba dandan ala ala Vampir dengan lipstik warna merah marun yang belum pernah saya coba sebelumnya. How does it look? :)



BLOGGER WORKSHOP

Selesai belajar make up, sekarang masuk ke dalam workshop blogger yang diisi materi dari Mbak Affi Assegaf, Co Founder of Female Daily Networks.

Workshop dimulai dari pertanyaan awal kenapa sih kita baca review, terutama review produk kecantikan? 

Di jaman sekarang dimana teknologi sudah maju, tentunya kita tanpa sadari saat memilih suatu produk untuk kulit pasti membutuhkan saran dan masukan. Salah satu cara yang biasa kita lakukan adalah membaca review.

Tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Tentunya produk yang dipakai pun bisa memiliki reaksi yang berbeda-beda. Lalu apa sih yang ada di dalam sebuah review yang dibutuhkan oleh pembaca?
  1. Mengetahui Pro dan Con
  2. Apakah produk ini cocok untuk saya?
  3. Apakah produk ini bagus?
  4. Jika tidak, apakah ada produk alternatif lain?
  5. Bagaimana pendapat orang lain?
  6. dan kesimpulan yang paling penting: Is it worth buying?
Dari pertanyaan dan kebutuhan seorang pembaca itulah, Mbak Affi merangkum rule yang harus kita ikuti dalam mereview sebuah produk kecantikan:
  1. Use the Product. Gak lucu banget kan, kita bisa-bisanya review suatu produk tanpa mencobanya. Terus tau dari mana bagus atau engganya? Mbak Affi share kalau di FD sendiri punya rule untuk masing-masing staff nya mencoba suatu produk sampai 1 bulan. Maka wajar sekali kalau tulisan tim FD terasa sangat nyata dan sangat membantu kita dalam memilih suatu produk.
  2. Be honest. Kalau memang produk yang kita gunakan tidak cocok dengan kulit kita, katakan dengan jujur (dan sopan). Pembaca kita akan sangat terbantu dengan kejujuran penulis.
  3. Find your own voice. Semakin banyak beauty blogger muncul. Semakin wajib juga kita dapat men-differensiasi diri supaya terlihat lebih stand out. Tapi jangan lupa, untuk selalu jadi diri sendiri!
Sayang sekali sesi workshop blogger ini cukup singkat dan terasa kurang fokus. Karena kami peserta juga sibuk dengan gadget masing-masing untuk meng-upload kontes foto yang diadakan pada hari yang sama. Mungkin next time semoga bisa bener-bener ada workshop yang benar-benar dengan latihan menulis yang dipandu dengan Mbak Affi :)

That's it for the day! Acara ditutup dengan makan siang dan sesi foto bersama. Oh iya, ada challenge buat kami yang hadir hari itu. Yaitu me-review 3 produk The Body Shop Indonesia yang dengan hadiah utama Singapore Trip selama 3 hari 2 malam! Wish me luck ya :)


Thank you The Body Shop Indonesia dan Female Daily! Ditunggu acara inspiratif lainnya!


You may check the event report from Female Daily HERE.

 

Labels: ,