Kriteria Kota Yang Aman Itu Apa Sih?

Sedih ya denger berita belakangan ini yang semakin membuat kita takut berada di jalanan Jakarta. Alhamdulillah saya dan keluarga tidak pernah sampai kejadian yang membahayakan sekali. Paling kaca spion yang diambil atau yang paling terbaru ketika saya ditabrak truk besar (sampai sekarang saya masih gak mau bawa mobil gara-gara kejadian itu hiksss...).

Saya coba searching, sebenarnya di dunia ini ada gak sih kota yang aman di dunia ini? Dikutip dari Lovely Today, bahwa Kota Tokyo menempati peringkat pertama sebagai kota teraman di dunia. 

Selama ini saya juga meyakini itu dari komik-komik Jepang yang saya baca. Hehehehe! Iya, bayangin aja, si Miiko (dari komik Hai Miiko) dari kecil udah ditinggal di daycare sama mamanya yang bekerja. Trus dia suka pulang sendiri atau sama temen-temennya tanpa ada orang dewasa. Yaaa walaupun saya gak tau itu beneran apa engga, tapi bagi saya tuh emang Tokyo dan Negara Jepang tuh terasa aman aja. Yang tinggal di Jepang share dooonks, hehehe :D

Sayangnya Jakarta menempati urutan ke 50 dalam list kota teraman ini. Miris banget ya, padahal saya kepengen banget bisa kemana-mana sendiri naik bus tanpa rasa takut. Cuma bisa berharap aja bisa suatu saat Jakarta bisa seaman Jepang.

Lalu apa sih kriteria aman dari suatu kota? Saya pengen bikin listnya sendiri nih. Yuk ikutin list-nya:
  1. Jalanan bukan penuh sama kendaraan pribadi. Tapi kendaraan umum penuh dengan orang.
  2. Area publik yang aman dan nyaman. Tanpa pencopet, peminta-minta, atau pelaku yang tidak bertanggung jawab seperti suka melakukan aksi tidak senonoh.
  3. Banyak jalanan yang dengan penerangan yang baik.
  4. Polisi selalu berjaga di beberapa tempat. Jangan rame kalo pas razia aja (ups :P).
  5. Banyak space untuk pejalan kaki. Duh, saya paling suka banget kalo di perempatan yang rame. Berasa kayak di New York aja hihihi.
  6. Mulai banyak friendly tourist attraction. Kayak tempat makan atau tempat-tempat wisata yang bersahabat buat para turis.
  7. Larangan untuk anak-anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor 
  8. Saluran air yang baik. Jadi gak banjir tiap tahun!
Trus apa lagi ya? Ada yang bisa lanjutin? :)

Hope we can say to Jakarta, "there's no place I'd rather be than in Jakarta" ya!


Labels: