Bijaksana Dalam Berhutang

Photo Source

Walaupun saya hidup dikelilingi dengan orang-orang yang berkecimpung di dunia perbankan atau keuangan, tapi tidak ada satupun yang mengajarkan saya bagaimana cara mengatur uang. Alhamdulillah saya secara otodidak dan membaca di sana sini, akhirnya bisa mengatur keuangan sendiri dengan sebaik-baiknya, tentunya dengan berbagai macam trial and error sampai menemukan cara yang sesuai dengan pribadi saya. 

Beruntungnya saya sejak kecil diberikan jatah yang cukup. Maksudnya, cukup untuk makan sekali di kantin aja. Hahahahaha. Kalo mau jalan-jalan atau nongkrong-nongkrong ya berarti mesti rela gak makan atau bawa bekal selama beberapa hari. Kalo diinget-inget kadang sedih ya, apalagi liat temen-temen kalo ngeluarin uang gak pake dipikir. Tapi justru pola mengatur keuangan tersebutlah yang membuat saya seperti ini sekarang. Walaupun saya sempat mengalami masa-masa transisi ketika sudah berpenghasilan sendiri dengan menghambur-hamburkan uang untuk benda-benda yang dulu orang lain punya, saya tidak. Tapi akhirnya sudah kembali ke jalan yang benar. Hehehehe...

Saya akan membeli sesuatu jika saya punya uang.

Itulah prinsip saya dalam mengeluarkan uang. Dan itulah yang saya sharing di kolom komentar postingan Mas Ryan tentang cicilan kartu kredit.

Pendek cerita akhirnya saya punya kartu kredit pertama saya di tahun lalu. Awalnya sangat tidak tertarik membuat kartu kredit karena merasa belum perlu. Yang saya takuti cuma satu, dikejar-kejar hutang! Tapi setelah dipelajari, berhutang dengan kartu kredit tidak selamanya jelek kok, asal kita bisa mengaturnya.

Berikut beberapa tips yang saya jalankan saat menggunakan Kartu Kredit:

Kira-kira itulah yang bisa saya share saat ini mengenai pengalaman saya tentang Kartu Kredit. Saya bukan ahli keuangan apalagi financial planner. Semua yang saya ceritakan sendiri benar-benar berdasarkan pengalaman pribadi. Jika teman-teman merasa cocok, monggo diikuti. Jika tidak, that's fine :) Sharing is caring, isn't it? 
 
Apakah teman-teman juga punya tips lainnya tentang Kartu Kredit yang bisa di-share? :)
 

Labels: