Tips Mengatasi Kejenuhan Dalam Bekerja

Terkadang saya suka salut sama temen-temen yang betah dan tidak gampang bosen saat bekerja. Apalagi lihat ayah saya yang bisa kerja di satu tempat di sepanjang umur karirnya (yup, Beliau bukan pegawai negeri). Cuma satu pertanyaan saya,

Kok bisa ya?

Gak hanya dalam hal kerjaan aja sih, di segala aspek memang saya orangnya cepat bosenan. Dan efeknya di dalam kerjaan khususnya, saya sering banget ngerasa males beranjak dari tempat tidur di pagi hari. Kayaknya mau menemui esok hari pas di malam hari gini udah males duluan.

Eits, tapi keadaan ini gak boleh dibiarkan berlanjut lho. Ada banyak cara untuk dapat memanipulasi mood kita. Saya sendiri mencoba berbagai macam hal untuk mengatasi kejenuhan dalam bekerja. 

Photo Source: Freepik, edited by Blog Author

Saya akan share beberapa tips yang saya gunakan, semoga dapat membantu teman-teman yang lagi jenuh bekerja ya!


MERAPIKAN MEJA KERJA

Photo Source from Freepik, edited by Blog Author

Udah bosen, ditambah meja kerja berantakan akibat tumpukan kerjaan, jadi semakin tambah males deh. Saya sering mengambil sedikit waktu untuk membereskan berkas-berkas yang menumpuk di meja kerja. Hasilnya, selain meja kerja menjadi rapi, saya bisa sekalian mereview pekerjaan yang sudah lama terlupakan dalam tumpukan kertas. 

Coba: Hias meja dengan benda-benda favoritmu. Seperti foto keluarga, tanaman kaktus, atau pasang foto destinasi impianmu sebagai wallpaper komputer.


MELUANGKAN WAKTU DENGAN REKAN KERJA
Namanya kerja, pasti ada naik dan turunnya. Begitupula hubungan dengan rekan kerja. Sebisa mungkin selalu kompak dan akrab dengan mereka. Habis mau gimana, sebagian besar waktu kita dihabiskan bersama mereka. Tidak ada salahnya untuk makan siang bareng atau jalan-jalan setelah pulang kerja untuk melepas penat dan lelah.

Coba: Ajak rekan kerja olahraga setelah pulang kerja. Atau mencoba kuliner baru di dekat kantor. Ingin melepas stres? Karokean bareng juga seru!


BE PRETTY
Kalo dari rumah udah males ngapa-ngapain, pasti deh di kantor juga bawaannya lemes. Saya sering mensiasati dengan mencoba berpenampilan yang berbeda. Walaupun harus mengeluarkan effort lebih untuk bangun pagi, tapi terbayar ketika rekan kerja memuji penampilan kita yang lebih fresh. Efeknya, sepanjang hari itu pun terasa indah :D

Coba: Janjian dengan teman wanita untuk mencoba lipstick baru di setiap harinya. Percaya deh, ngeliat muka-muka cantik di sekitar bikin tambah semangat dibanding ngeliat muka pucet tak bersemangat.


SHORT GETAWAY
Lima hari dalam seminggu di dalam ruangan terus. Sesekali tidak ada salahnya merencanakan untuk berlibur. Tidak perlu yang jauh-jauh apalagi ke luar negeri (inget kurs, bu!). Di area sekitar tempat tinggal juga tidak masalah. Yang penting bisa keluar dari rutinitas yang membosankan.

Coba: Jalan-jalan ke Bogor naik kereta untuk wisata kuliner. Atau main ke Pulau Seribu yang affordable banget!


TRY NEW THINGS

Blog English Club Gathering, Photo Source: from someone in WhatsApp Group :)

Buat saya, weekend itu saatnya keluar dari rutinitas dan urusan kantor. Maka saya banyak mengisi waktu untuk melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan. Dimulai dari beresin kamar, sampai belajar make-up. Terkadang saya rela pergi ke sebuah acara yang jauh dan mengorbankan waktu istirahat saya, demi mencoba kegiatan baru sekaligus berkenalan dengan teman-teman yang baru.

Coba: Ikutan komunitas-komunitas seru seperti Blog English Club, Indonesian Food Blogger, Kumpulan Emak2 Blogger, Female Daily, dan komunitas lainnya untuk mengetahui kegiatan seru yang bisa didatangi. 

---

Nah, itu adalah beberapa tips untuk mengatasi kebosanan dalam bekerja yang saya coba praktekkan. Dan cukup manjur ketika kembali menghadapi Hari Senin. Rasanya seperti batere yang sudah di charge dan siap untuk kembali bekerja.

Pssstt, saya masih seumur jagung kok umur kerjanya. Jadi kalau kira-kira ada tips lainnya yang bisa di share juga, silahkan ya :) 

Labels: , ,