Yuk Rapikan Tampilan Blogmu!

Halo semua. Ini hari pertama di liburan panjang di minggu ini. Tidak seperti teman-teman saya yang lain, saya hanya menghabiskan waktu di rumah saja tanpa ada rencana kemana-mana. Jadilah hari ini saya putuskan untuk mempercantik tampilan blog ini.


Berkat acara talkshow dan workshop beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan banyak informasi dan masukan mengenai bagaimana tampilan blog yang baik bagi pembaca dan tentunya juga ramah dibaca oleh Google.

Baca juga: Manfaat Ikut Acara Blogging

Dikarenakan biasanya saat acara para narasumber tidak menjelaskan dengan detail tentang step by step untuk mempercantik blog, akhirnya saya sering merasa kesulitan mempraktekannya. Saya tidak ada basic ilmu coding sama sekali. Bahkan banyak bahasa-bahasa internet yang terkadang saya masih belum paham.

Untungnya saya menemukan beberapa sumber yang sangat informatif terkait dengan ilmu blogging ini. Dan pelan-pelan, saya sudah merubah sedikit tampilan blog agar menyesuaikan kaidah blog yang baik :)

Ini dia beberapa langkah-langkah yang dijelaskan oleh para blogger terkait tampilan blog, khususnya pada platform blogspot. Silahkan disimak ya!

 

HEADER BLOG DAN KUSTOMISASI MENU

Sampai tadi pagi saya tidak pernah tahu bagaimana caranya membuat header blog saya supaya posisinya berada di tengah halaman. Dan ini sebenarnya sudah mengganjal dari dulu. Tapi apa daya karena keterbatasan saya (atau kemalasan saya ya?), jadilah hari ini saya baru tahu caranya.

Begitupula dengan tampilan menu di bar paling atas. Awalnya hanya tersusun dari kiri, bukan ke tengah. Sekarang sudah lebih baik tampilannya, dengan tambahan garis di atas dan bawah untuk mempermanis.

Informasi ini saya dapatkan dari Mbak Almazia Pratita di website Blogger Perempuan. Dengan bantuan ilustrasi gambar dan kode css, semua langkah-langkah dapat saya selesaikan. Jika kalian ingin tahu lebih banyak tentang ilmu blogging untuk pemula, bisa juga cek artikel-artikel di kategori Blogging Basic 101-nya di Blogger Perempuan.


WIDGET ABOUT ME

Perhatikan gak di sisi kanan blog saya ada perubahan? Ya, bagian About Me-nya sudah saya ubah sedikit, walaupun masih menggunakan beberapa materi foto dan tulisan yang sama. Tapi paling tidak kali ini lebih rapi dan mudah dibaca. Saya juga menampilkan alamat e-mail, untuk memudahkan para pembaca ataupun pihak sponsor (uhuy!) yang ingin cepat menghubungi saya.

Saya perlu berterima kasih kepada Handriati yang telah membagi ilmunya di blog pribadinya. Saya ingat betul Handriati ini cukup banyak sharing tentang ilmu blogging sejak beberapa waktu yang lalu. Saat ini sudah ada 60 tulisan tentang tips and trick blogging yang sudah ditulis oleh blog yang berjudul One Taste Millions Story ini. Jika kalian ingin tahu lebih banyak, segera mampir ke blognya ya!


RELATED POST

Seingat saya, ada narasumber yang menginformasikan bahwa kita harus bisa membuat pembaca agar tetap berada di blog kita dalam waktu yang lama. Maksudnya bukan diam saja ya, tapi tetap melakukan aktivitas seperti membaca tulisan kita. Dan salah satu yang bisa kita lakukan adalah membuat Widget Related Post di bagian bawah setiap tulisan. Jika pembaca tertarik dengan judul dan gambarnya, maka akan segera membuka halaman tersebut.

Dengan bantuan dari Mas Ryan di blog spesial ilmu bloggingnya, Tulisan Blogger Indonesia, akhirnya saya bisa menambah Widget LinkWithin. Caranya sangat mudah dan tanpa perlu registrasi apapun. Kalian bisa baca tulisan lain Mas Ryan terkait dengan ilmu-ilmu blogging lainnya di blog ini ya. 

---

Itulah pekerjaan saya hari ini hasil belajar dari para blogger-blogger keren yang baik hati membagi ilmunya kepada kami yang masih buta tentang blogging. Semoga tulisan ini juga dapat berguna untuk kalian ya!

Yuk mari rapihin tampilan blog kita biar semakin disuka pembaca dan juga Mbah Google :D

Labels: