Karnaval Ayo Melek Gizi 2016

Rasanya sudah lama sekali saya merasakan Minggu pagi yang menyenangkan seperti kemarin. Biasanya saya selalu terbangun saat menjelang siang, efek menonton Youtube hingga larut pada malam sebelumnya.


Namun tidak pada Hari Minggu kemarin. Setelah mendapat undangan dari Nutrisi Untuk Bangsa untuk dapat menghadiri acara Karnaval Ayo Melek Gizi 2016 di Taman Menteng, Jakarta Pusat, saya sudah siap tidur cukup pada malam sebelumnya.

Alhamdulillah saya bangun tidak kesiangan, malah badan terasa segar. Sayangnya cuaca hari itu sedikit mendung. Tapi mendung dan hujan tidak menuyurutkan semangat saya untuk dapat menghadiri acara yang sudah beberapa kali ini diselenggarakan.

Begitu sampai di Taman Menteng, rupanya cuaca masih belum bersahabat. Dengan terburu-buru menuju meja registrasi saya langsung melakukan pendaftaran ulang. Ternyata para peserta yang hadir mendapatkan goodie bag yang berisikan kaos, handuk kecil, air minum, dan tiket doorprize! Segera saya mengganti baju saya dengan kaos seragam yang diberikan.


KARNAVAL AYO MELEK GIZI 2016 

Karnaval yang diselenggarakan oleh PERGIZI PANGAN Indonesia dan PT. Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada) ini digelar dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional 2016. Diharapkan melalui acara ini agar masyarakat semakin meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan gizi yang seimbang. Maka itu, seluruh kegiatan yang ada di acara ini memiliki misi edukasi tentang gizi.


Acara pertama dari Karnaval Ayo Melek Gizi ini adalah kegiatan Fun Walk sebanyak 700 orang yang memiliki arti untuk mengajak masyarakat untuk meningkatkan aktivitas fisik. Dimana seluruh peserta berjalan dari Taman Menteng menuju Bundaran HI lalu kembali lagi ke Taman Menteng. 

Tetep narsis biar diguyur hujan :D

Kegiatan Fun Walk ini berlangsung meriah karena diiringi tabuhan drum yang menambah riuh suasana serta parade kostum buah dan sayur. Ada juga tumpeng gizi seimbang dalam bentuk besar yang digotong oleh empat orang. Tumpeng gizi ini memiliki misi untuk memberikan pengetahuan tentang contoh-contoh bahan pangan sebagai sumber gizi. Sekaligus memberikan inspirasi dalam mengolah makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang tiap harinya. 

Tumpeng Gizi

Walaupun hujan kembali turun, tapi tidak menyurutkan semangat peserta untuk tetap melaksanakan kegiatan Fun Walk.

Harus tetep kece walaupun keguyur hujan. Yang penting alis gak ilang :D


AKTIVITAS SERU DI TIAP TENDA

Sekembalinya dari Fun Walk, para peserta bebas untuk mendatangi masing-masing tenda dengan berbagai macam atraksi kegiatan. Tenda pertama yang saya datangi adalah tenda games. Di sini para peserta diajak untuk bermain 3 jenis permainan yang berbeda. Yang pertama adalah Roda Putar, dimana peserta harus memutar roda dan harus menjawab pertanyaan sesuai dengan warna yang didapat.

Saya mendapatkan pertanyaan yang cukup sulit, yaitu “Informasi apa saja yang harus ada dalam sebuah label kemasan?”. Untungnya karena saya bekerja di bidang yang berkaitan dengan produk, jadi pertanyaan (yang menurut panitianya sulit) ini dapat saya jawab dengan mudah. Jawaban saya adalah “expired date, label nutrisi, dan ukuran kemasan”.

Permainan kedua yang saya ikuti adalah melempar bola. Berbeda dengan permainan biasanya, di sini peserta harus melempar bola yang sudah ditulisi dengan nama-nama makanan atau buah ke dalam ring yang berbentuk piramida makanan. Alhasil para peserta harus bisa memasukkan bola sesuai dengan urutan piramidanya. Sayangnya di permainan ini saya kalah.

Permainan ketiga adalah ular tangga. Karena cukup ramai, akhirnya saya batal ikut bermain. Sebagai gantinya saya langsung menukarkan hadiah ke meja registrasi. Sebuah botol minuman dan pulpen berhasil saya bawa pulang! Yeiiiy!

CEK DAN KONSULTASI GIZI GRATIS

Setelah dari tenda games saya melihat sebuah tenda yang cukup ramai dikunjungi peserta. Ternyata tenda yang ramai itu adalah tenda cek gizi gratis. Lumayan nih pikir saya. Kapan lagi bisa cek sekaligus konsultasi secara gratis. Langsung saya mengisi biodata dan menuliskan umur dan gender saya. Setelah itu saya harus menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan. Ada dua orang panitia yang siap membantu dengan timbangan dan alat ukur tinggi badan.


Lanjut saya langsung mengecek kadar lemak saya. Ada sebuah alat berbentuk seperti stick games console. Tapi di tengah-tengahnya ada layar kecil. Panita memasukkan semua data saya ke alat tersebut. Setelah itu saya diminta untuk memegang alat dengan tegak lurus ke depan. Dalam beberapa saat akan keluar informasi mengenai lemak saya. Menurut mbak panitia ukuran porsi badan saya termasuk yang normal. Walaupun masih cenderung ke arah kurang berat badan, tapi masih di dalam batas normal. Yeiy! Ternyata anggapan orang yang bilang saya kekurusan itu hanyalah fatamorgana si komentator saja :P

Untuk lebih meyakinkan, saya juga berkonsultasi dengan para panitia yang lebih ahli. Saya ditanyakan keluhannya. Saya bilang kalau saya sering dibilang kekurusan. Padahal makan saya banyak, tapi tetap kurus. Menurut Mbak panitianya tubuh saya sebenarnya dalam proporsi yang pas. Hanya saja kalau mau nambah sekitar 4 kilo lagi tidak masalah. Kemungkinan besar jumlah porsi makan saya seimbang, jadi tidak gampang gemuk. Selain itu saya juga banyak berolahraga dengan banyak berjalan kaki. PR-nya hanya perlu makan buah agar pencernaan lebih lancar.

GAMES DAN DOORPRIZE

Selain itu masih banyak tenda-tenda lainnya dengan kegiatan yang menarik, seperti workshop menghias bento, workshop kreativitas, dan juga body painting untuk anak-anak. Pokoknya anak-anak yang datang ke acara ini benar-benar seneng deh. Karena selain semuanya gratis, kegiatannya juga bermanfaat.

Tidak lupa juga ada dongeng yang dibawakan oleh Kak Hendro dari Komunitas Dongeng Indonesia. Dongengnya sangat interaktif, bahkan anak-anak diminta untuk mengajak orang tuanya untuk bergabung untuk belajar menari.


Dan tentunya yang paling ditunggu-tunggu adalah games berhadiahkan voucher dan juga pengumuman doorprize! Hadiahnya keren-keren lho, dari mulai blender sampai handphone android. Bikin mupeng! Sayangnya saya tidak berhasil memenangkan salah satunya hehehehe.

KARNAVAL AYO MELEK GIZI 2016 DI YOGYAKARTA


Nah buat teman-teman yang tinggal di Yogyakarta, ada kabar gembira bahwa acara serupa akan diadakan pada tanggal 31 Januari 2016 di Benteng Vredeburg. Untuk informasi selengkapnya dapat dicek di www.pergizi.org, atau follow account social media Nutrisi Untuk Bangsa, yaitu Facebook: Nutrisi Untuk Bangsa, dan Twitter: @Nutrisi_Bangsa.


Selamat Hari Gizi Nasional! :)

Labels: ,