Resolusi Keuangan di Tahun 2016

Selamat tahun baru dari saya yang baru aja online lagi ini!

Betul sekali, saya baru saja kembali duduk di depan laptop untuk menulis setelah tiga hari sebelumnya memutuskan untuk beristirahat sejenak sambil memikirkan rencana di tahun 2016 beserta resolusinya.

resolusi-keuangan-di-tahun-2016

Resolusi Tahun Baru sendiri memiliki arti yaitu sebuah tradisi untuk berjanji pada diri untuk melakukan tindakan perbaikan diri yang akan dimulai pada hari tahun baru. -sumber Wikipedia.

Ya, mungkin sebagian dari kita sudah muak dan bosan dengan kata resolusi di setiap awal pergantian tahun. Bahkan sampai ada meme seperti ini:

Mengutip status Winda Puss di tahun baru :D

Mungkin sebagian banyak orang menganggap resolusi adalah sebuah harapan dan angan-angan saja, namun pada kenyataannya akan lenyap dah lupa seiring dengan berjalannya hari.

Saya sendiri merupakan pribadi yang tidak mau ambil pusing dengan resolusi. Karena toh percuma saja kalau ingin menjadi baik tapi tidak diikuti dengan perubahan sikap yang konkrit. 

Contohnya, "saya ingin sehat". Lalu apa? Kalau tidak jelas langkah-langkahnya pun saya rasa percuma. Menurut saya sebaiknya kalimat tersebut diganti menjadi, "saya akan berlari setiap pagi selama 30 menit di sepanjang tahun 2016".

Iya, itu menurut saya baru lebih baik. Supaya kita bisa lihat hasilnya nanti di akhir tahun. Apakah dengan berlari setiap pagi, saya akan memiliki tubuh yang sehat? Coba saja sendiri, saya sih entar dulu aja yak hehehehe.

Lalu bagaimana dengan resolusi saya?

Ada banyak hal yang saya ingin lakukan di tahun 2016 ini. Tentunya berdasarkan dengan niat untuk memperbaiki diri dari tiap aspek kehidupan. Tapi kali ini saya ingin membicarakan tentang masalah keuangan. 

Di tahun 2015 Alhamdulillah saya bisa konsisten untuk menabung setiap bulannya. Di tahun 2016 ini, saya ingin menaikkan lagi target pencapaian saya dari segi keuangan. Berkat banyak membaca dari tulisan-tulisan para pakar keuangan dan juga penulis yang serupa, saya akhirnya dapat menyimpulkan bahwa di bawah ini merupakan motivasi saya di bidang keuangan pada tahun 2016.

DAPAT MEMILIKI CASH FLOW YANG TERUS BERPUTAR

Selama ini saya hanya memiliki dana di tabungan tanpa digunakan untuk apa-apa. Saya juga telah memiliki beberapa jenis investasi yang walaupun masih sederhana namun mudah-mudahan bisa semakin dimaksimalkan. Secara tabungan dan dana darurat pun saya sebenarnya sudah dalam posisi aman.

Namun jika dana tersebut tidak dipergunakan dengan baik, maka akan diam tanpa memberikan hasil apa-apa kepada saya. Saya ingin sekali sebagian dari tabungan tersebut dapat diputar sehingga dapat menghasilkan tambahan dana untuk saya. Bentuknya pun bisa bermacam-macam, seperti ikut reksadana, menaruh di deposito, atau membuat suatu usaha yang dapat menghasilkan walaupun dengan modal yang tidak terlalu banyak.

Who knows? Semoga semakin banyak bergerak uangnya :)

MEMILIKI PASSIVE INCOME

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pada dasarnya saya menginkan dana yang saya miliki terus berputar dan juga...... mengalir! Siapa sih yang gak seneng bisa dapat uang tanpa perlu melakukan banyak usaha. 

Tapi pada dasarnya saya tidak percaya bahwa segala sesuatu itu bisa didapatkan tanpa usaha. Pada kenyataannya memang dibutuhkan usaha. Tapi, akan lebih mudah dan menyenangkan jika bisa dilakukan tanpa usaha yang banyak, namun hanya dengan memaksimalkan kemampuan dan kesempatan yang dimiliki.

Saat ini saya sudah melakukannya dengan berjualan komik bekas. Memang secara logika tidak ada untung yang saya dapat, karena saya menjualnya dengan harga yang murah. Namun jika saya diamkan saja dan berdebu pun saya akan lebih merasa rugi. Ya kan?

Atau bisa juga dengan mulai kembali mendaftar pemasangan iklan di blog ini. Dengan bertambahnya pengunjung, semoga saja ada pemasukan yang tidak terduga dari blog ini. 

Ada ide passive income lainnya? ;)

RUTIN BERSEDEKAH

Kita juga perlu ingat bahwa semua harta yang dititipkan Tuhan di dunia ini hanyalah sementara. Mengatur keuangan untuk mendapatkan hidup yang lebih layak adalah penting. Tapi dengan menyisihkan sebagian harta kita juga merupakan hal yang patut dijalankan. 

Bagi saya dengan bersedekah bukan hanya untuk membersihkan harta kita saja, tapi juga dapat melipatgandakan rejeki kita. Percaya deh!

MEMILIKI TABUNGAN HURA-HURA

Baca judul di atas ini asyik yah. Ini juga salah satu yang penting buat saya. Yaitu memiliki dana untuk senang-senang! Kita seharian kerja, bahkan weekend pun ada juga yang harus lembur, masa sih gak disempetin untuk menikmati hidup?

Bagi saya mengeluarkan uang untuk senang-senang sah-sah saja. Asal ada batasannya. Di tahun 2016 ini saya akan menambahkan pos tabungan hura-hura dalam perhitungan budget bulanan. Mudah-mudahan dengan adanya tabungan ini saya bisa pergi jalan-jalan untuk melihat dunia :)

SEMAKIN PINTAR MENGATUR KEUANGAN

Oke, tunggu dulu. Kalau di atas kayaknya saya banyak maunya. Walaupun sudah dijelaskan langkah-langkah konkretnya tapi kayaknya percuma deh kalau saya masih saja menjadi wanita yang boros dan gampang tergoda dengan rayuan promo atau iklan diskon :P

Tunggu dulu, gak semuanya promo itu buruk kok. Asal kita pintar memilih mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kita, pasti akan menguntungkan.


Seperti Flipit yang merupakan situs global yang memberikan penawaran menarik di toko atau gerai online kesayangan kita. Penawaran menarik yang diberikan Flipit antara lain adalah kupon-kupon dengan diskon menarik dan juga dapat mencakup berbagai kategori seperti untuk travel, beauty, elektronik, bayi dan anak, dan masih banyak lagi.

Nah, untungnya bagi kita apa dengan menggunakan kupon dari Flipit? Kita akan mendapatkan potongan harga yang menguntungkan untuk mendapatkan produk atau jasa yang ada. Caranya sangat mudah dan praktis. Dan juga akan ada keuntungan diskon ekstra untuk member Flipit.

Seperti saya contohnya yang ingin mempunyai wajan baru supaya semakin semangat belajar masak. Setelah bisa masak, jadi bisa semakin rajin bawa bekal ke kantor, dan uang jajannya bisa ditabung deh buat jalan-jalan #modus :P


---

RAIH VOUCHER TOTAL 600RIBU DARI BILNA DAN FLIPIT

Kabar baik untuk teman-teman yang suka ikut kuis berhadiah menarik! Bilna dan Flipit sedang bagi-bagi hadiah nih. FYI, Bilna gak cuma menjual produk-produk untuk ibu dan anak saja. Buktinya saya nyari panci atau produk kecantikan juga ada. Jadi siapapun bisa ikut kuis ini :D

Caranya sangat gampang. Cukup klik tombol "Ikut Quiz" dari link http://www.flipit.com/id/bilna.


Pssst, jangan lupa informasikan nama saya ya pada pertanyaan nomor 4 :)


Semoga menang!

---

Itu dia resolusi dan keinginan saya di tahun 2016 ini khususnya di bidang keuangan. Semoga tidak hanya rencana yang semangat di awal saja, tapi bisa konsisten dijalankan sampai selama-lamanya.

Kalau kalian punya resolusi apa di tahun 2016 ini? 

Labels: ,